«

»

Makna Filosofi Batik Madura, Filosofi Warna Batik Madura, Filosofi Motif Batik Madura, Filosofi Batik Madura

Makna Filosofi Batik Madura, Filosofi Warna Batik Madura, Filosofi Motif Batik Madura, Filosofi Batik Madura, http://www.tikbatikmadura.com/, 0856 4567 6328 (Indosat), 0817 0326 7957 (XL)

Makna Filosofi Batik Madura, Filosofi Warna Batik Madura, Filosofi Motif Batik Madura, Filosofi Batik Madura, http://www.tikbatikmadura.com/, 0856 4567 6328 (Indosat), 0817 0326 7957 (XL)

Seperti batik dari daerah lain, seperti batik Yogyakarta, batik solo, batik pekalongan dan batik cirebon. Batik madura juga memiliki filosofi – filosofi tersendiri. Warna batik Madura dan motif batik madura yang terkenal cerah, berani dan bebas pun memiliki arti dan makna khusus dibalik indahnya batik madura.

Warna hijau, kebanyakan digunakan pada batik madura buatan dari kabupaten Bangkalan. Warna Hijau ini diadaptasi dari berkembangnya Agama Islam yang masuk ke pulau Madura. Selain itu warna hijau pada batik madura seperti dengan warna daun, menggambarkan simbol dewa kesuburan saat kerajaan majapahit masih berkuasa dinegeri ini.

Warna Biru pada batik madura diartikan sebagai warna alami dari sebuah daerah kepulauan, warna ini menggambarkan bahwa pulau Madura dikelilingi bentangan laut biru nan luas.

Warna merah pada batik madura bukan hanya berarti berani. Sifat orang Madura yang kuat dan tegas menjadikan warna ini bermakna sebuah kekuatan orang Madura yang sangat kuat, tegar dalam menghadapi permasalahan apapun. Warna kuning pada batik madura bermakna beberapa daerah bagian Madura digambarkan cukup subur untuk dijadikan pertanian. Warna kuning pada batik madura digambarkan sebagai padi yang siap dipanen yang sudah menguning.

Perbedaan Makna batik madura

Tiap daerah di pulau Madura, memiliki corak yang khas. Batik madura yang berasal dari Sampang dan Sumenep hampir memiliki ciri yang sama. Corak flora dan fauna sangat kental. Hanya saja batik madura dari Sumenep lebih detail menggambarkan flora dan faunanya, semisal motif ayam bekisar atau bunga teratai. Sementara batik madura dari Sampang, cukup mempunyai warna yang lebih variatif dan kontras dalam perpaduan warna, meski corak flora dan faunanya tidak sedetil batik madura dari Sumenep.

Batik madura yang berasal dari Pamekasan, memiliki ciri khas pada perpaduan dari semua motif batik yang ada di pulau Madura. Motif batik madura dari pamekasan ada yang abstrak, “lawasan” (vintage), dan “gunungan”. Motif batik madura abstrak, cenderung berbentuk garis–garis seperti serat kayu, umumnya berwarna kuning gading, dengan motif batik madura sederhana serta warna sejuk tidak terlalu mencolok. Untuk motif “gunungan”, berupa batik madura yang tidak terlalu penuh dengan motif. Motif batik madura yang dimaksud adalah motif berbagai corak yang dituangkan dalam satu kreasi saat membatik. Batik “Gunungan” yaitu dengan bentuk diatas penuh dengan motif, sedangkan dibawah jarang–jarang. Berbagai macam corak dan warna batik Madura menjadikan tambahan batik nasional di Indonesia, dan cukup membanggakan daerah di Jawa Timur.
share

Incoming search terms:

  • motif batik madura
  • makna batik madura
  • filosofi batik madura
  • pengertian batik madura
  • makna motif batik madura
  • pengertian motif batik madura
  • motif batik madura dan maknanya
  • motif batik madura dan penjelasannya
  • arti motif batik madura
  • makna motif madura
No tags for this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>